Senin, 09 April 2012

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SCANIA


Kali ini My Machining mau sedikit share aja untuk salah satu jenis mesin/engine gede (truck dan bus) yang terkenal di dunia dan saudah masuk ke dalam negeri. Lumayan buat nambah pengetahuan kan? Hehehe...
Oke, , ,langsung TKP aja...
SCANIA AB adalah salah satu produsen truck, bus serta diesel ternama dari eropa. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1900 dg nama Maskinfabriks AB Scania (pabrik mesin PT. Scania) di Kota Malmo, Swedia Selatan. Nama Scania sendiri sendiri adalah nama latin untuk Skane (negara Skandinavia).
Simbol Pertama SCANIA
Simbol VABIS
Pada tahun 1911 Scania merger dengan pabrik truck dan mobil lainnya yaitu Vagnsfabriks Aktiebolaget i Södertälje (VABIS) dari kota Sodertalje dan membentuk perusahaan baru yang bernama AB Scania - Vabis. Setelah Perang Dunia II Scania-Vabis mengimpor mobil Volkswagen dari jerman dengan bendera bernama "Svenska Volkswagen AB".
SCANIA Setelah Bergabung dengan VABIS

Berkembang Menjadi Simbol Ini

Tahun 1969 Scania-Vabis merger dg SAAB (pembuat mobil sedan), membentuk Saab-Scania AB dan perusahaan pengimpor VW-nya berubah menjadi "V.A.G. Sverige AB".

Simbol Setelah Bergabung dengan SAAB

Ketika SAAB-SCANIA pecah pada tahun 1995 nama divisi truck dan bis berubah menjadi SCANIA AB.

Pada tahun 1999, Volvo berusaha membeli Scania dg menggunakan uang yang didapat dari hasil penjualan Volvo Cars kepada Ford. Namun Komisi Eropa menolak pengambil alihan ini karena akan memonopoli produksi truck di Eropa Utara.
Posisi terakhir June 2006, saham terbesar pemilik Scania adalah Volkswagen AG jerman (VW) 34.32% dan MAN AG 14.5% dan lainnya 19.3 %
Simbol SCANIA Sekarang
Sebuah sumber menyebutkan bahwa SCANIA di Indonesia ada 3 jenis, yaitu:
1.  F-Series (Mesin Depan - 9.000 cc)
2.  K113iB / K114iB (11.000 cc)
3.  K124iB (12.000 cc)
untuk yang F-Series sepertinya baru ada 1 di Indonesia, milik PO. Nusantara.

0 komentar:

Posting Komentar

Comments on Facebook

My "Tukeran Link"

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews