Selasa, 10 Januari 2012

PERLENGKAPAN LAS

1.    Pembangkit Listrik
Umumnya dikenal tiga macam sumber tenaga listrik yang biasanya dipergunakan untuk mengelas yaitu arus listrik searah (dc), arus listrik bolak-balik (ac) dan arus listrik ganda (ac/dc)
 
Pesawat arus searah dapat dapat menggunakan generator DC, dengan penggerak motor bensin atau diesel, atau mengubah listrik AC menjadi DC dengan menggunakan pesawat perata. Keuntungan menggunakan arus searah ialah dapat dipergunakan mengelas bermacam-macam logam dengan bermacam-macam jenis elektroda. Selain itu dapat mengelas plat baja berukuran tebal 1mm.
 
Pesawat arus bolak-balik pada dasarnya merupakan suatu transformator “step-down” yang dapat mengubah tegangan arus listrik misalnya listrik permulaan (120 atau 220 Volt) menjadi tegangan kecil yang menghasilkan arus besar yang sesuai untuk pekerjaan mengelas. Pesawat las jenis ini konstruksinya sederhana, sehingga harga pesawat ini relatif murah. Kelemahannya ialah jenis logam yang dapat dikerjakan serta jenis elektroda yang dipergunakan terbatas juga kurang efisien dalam penggunaan tenaga listrik. Misalnya suatu transformer las menghasilkan 45 volt dengan arus 200A atau 45 V X 220A = 9Kw. Sumber tenaga listrik yang diperlukan akan lebih besar dari 9Kw misalnya sampai 15 Kw (jika cos= 0,6).
 
Pesawat arus ganda pada prinsipnya suatu pesawat las yang arusnya dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan yaitu DC atau AC. Untuk menghasilkan arus DC ialah menggunakan pesawat perata. Jika akan mengelas plat baja tipis, stainless stell atau aluminium, maka saluran DC yang dipergunakan antara 25 sampai 140A. Saluran AC dipergunakan untuk pekerjaan yang agak berat misalnya yang memerlukan 60-300A. Saluran AC dan DC diatur pengeluarnnya dengan menggunakan skala.
 
2.    Pemegang elektroda
Perlengkapan ini berfungsi untuk menjepit atau memegang elektroda. Pada bagian tangkainya dilengkapi dengan elektroda agar dapat dipegang dengan aman pada waktu bekerja. Alat ini harus memenuhi syarat diantaranya tidak mudah panas, ringan, dan isolator cukup aman bagi sipemakai.

3.    Penjepit Massa
Bagian logam yang akan di las berfungsi sebagai kutub negatif (masa). Alat ini dapat langsung dijepitkan pada logam yang akan dikerjakan atau dapat juga dijepitkan pada meja kerja ( masa besi). Kontak dengan masa ini harus baik agar diperoleh hasil pekerjaan yang baik pula. Kontak yang tidak baik akan menimbulkan panas yang berarti penggunaan tanaga untuk menghasilkan bunga api yang sesuai.
 

4.    Pelindung sinar
Seperti telah dikemukakan bahwa bunga api las menghasilkan jenis-jenis sinar berbahaya terutama mata dan kulit. Oleh karena itu diperlukan alat pelindung khusus yang berupa kaca mata hitam yang terpasang pada helm muka. Jenis kaca mata las karbid tidak dapat dipergunakan pada pekerjaan las listrik karena tidak cukup aman. Kaca mata dari las listrik terdiri dari bermacam-macam ukuran seperti tertera pada tabel dibawah ini:

Nomor
Penggunaan
5
Las ringan atau las listrik ( spot welding)
6 dan 7
Las listrk dengan kapasitas sampai 30
8
30 – 15  A
10
75 – 200 A
12
200 – 400 A
14
400 A keatas

Semakin kuat arus yang dipergunakan semakin kuat intensitas penyinarannya. Karena itu diperlukan no. kegelapan kaca yang semakin tinggi. Pada jarak kurang dari 17m sinar-sinar tersebut masih cukup berbahaya bagi mata.

5.    Pakaian kerja
Pakaian kerja untuk pekerjaan las listrik harus memenuhi persyaratan tertentu yang terpenting dalam melindungi kulit dari sinar-sinar yang berbahaya dan percikan pijaran logam. Sebaiknya pada waktu bekerja selalu menggunakan sarung tangan las, karena selain melindungi panas juga mencegah agar kulit tangan tidak kena sinar-sinar yang dapat merusak kulit tangan.

      6.      Lain-lain
Perlengkapan tambahan yang diperlukan ialah palu las, alat ini berguna untuk melepaskan kerak pada permukaan yang di las. Kerak berasal dari pelapis elektroda. Selain itu diperlukan beberapa klem untuk menjepit atau memegang bagian yang di las, misalnya untuk mempertahankan posisi tertentu dari sambungan, kelurusan bagian yang di las dan lain-lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

Comments on Facebook

My "Tukeran Link"

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews