Minggu, 19 Februari 2012

KIPAS / IMPELER POMPA

Bentuk kipas dan sudu kipas yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis zat cair yang dipompa, head dan kapasitas yang diperlukan dan jumlah putaran. Hal ini perlu diperhatikan agar efisiensi pompa tinggi. Tetapi pada keadaan tertentu, kadang-kadang pompa dikorbankan atau merupakan prioritas yang kedua dibandingkan tujuan pemompaannya. Misalnya untuk zat cair yang mengandung banyak padatan diutamakan dipilih jenis pompa yang mempunyai lubang laluan yang besar daripada jenis pompa yang memberikan efisiensi yang tinggi.

Pengaruh kipas terhadap karakteristik pompa
Bentuk, ukuran, jumlah sudu, dan kecepatan putar kipas mempunyai pengaruh yang besar terhadap karakteristik pompa. Makin tinggi diameter kipas dan kecepatan putarnya amiin tinggi, maka makin tinggi pula head yang dapat dicapai. Sedangkan lengkungan sudu berpengaruh relatif sedikit terhadap head, tetapi sangat berpengaruh terhadap efieinsi pompa tersebut. Kapasitas pompa sangat dipengaruhi oleh ukuran lubang laluan kipas. Bila diinginkan kapasitas tertentu, lubang laluan kipas, lubang saluran masuk, dan lebar sudu harus mempunyai ukuran ayng tepat. Ada beberapa jenis kipas dalam pompa sentrifugal, antara lain:
Kipas tertutup
Sudu-sudu kipas terkurung dalam dinding kipas. Sudu-sudu kipas dapat dilengkungkan satu atau dua kali. Kipas jenis ini cocok untuk memompa zat cair yang bersih atau tidak mengandung kotoran.
Impeler Tertutup 1 Lekungan
Impeler Tertutup 2 Lekungan

Kipas setengah terbuka
Kipas jenis ini sudu pada sisi yang menghadap ke saluran masuk terbuka. Efisiensi pompa untuk kipas jenis ini lebih rendah dibandingkan dengan kipas yang tertutup. Pompa dengan jenis kipas ini dapat digunakan untuk memompa cairan yang mengandung padatan.
Impeler Setengah Terbuka

Kipas terbuka
Kipas jenis ini sudu-sudunya tampak dari kedua sisi. Efisiensi kipas jenis ini lebih rendah dibandingkan dengan kipas setengah terbuka.
Impeler Terbuka

Salah satu kipas jenis ini cocok untuk memompa cairan yang mengandung kotoran. Sedangkan fungsi yang lainnya cocok untuk memompa cairan ayng bersih, karena pada kipas ini jarak antar sudu kecil dan jarak antara kipas dan dinding rumah juga sempit.

Kipas Saluran
Kipas ini terdiri dari dua atau tiga saluran segi panjang yang dibengkokkan dan semua saluran berhubungan dengan saluran pemasukkan. Efisiensi kipas jenis ini lebih tinggi daripada kipas terbuka. Oleh karena lubang laluan saluran besar, maka kipas jenis ini cocok untuk memompa cairan yang banyak mengandung padatan.
Impeler Saluran

0 komentar:

Poskan Komentar

Comments on Facebook

My "Tukeran Link"

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews